Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Anas bin Malik dan Abu Sa'id Al-Khudri

anas bin malik dan abu said al khudri

Anas bin Malik 

Nama lengkapnya Anas bin Malik bin Nadhar bin Dhamdham Al-Anshari Al-Khazraji, biasa dipanggil Abu Hamzah dan digelari Khadim Rasulillah (pembantu/pelayan Rasulullah). Ia dilahirkan di Yatsrib (Madinah) tahun 8 sebelum hijrah.

Ibunya menitipkannya kepada Rasulullah untuk menjadi pembantu Beliau. Saat itu, Anas baru berusia 10 tahun. Ibunya mengatakan kepada Nabi, “Aku titipkan anakku ini kepadamu dan dia adalah anak yang pandai menulis".Ibunya memohon kepada Nabi agar anaknya dijadikan sebagai pembantu Beliau dan memohon untuk dido'akan Beliau. Rasulullah lalu berdo'a untuk Anas , “Ya Allah, perbanyaklah harta dan anaknya, dan berkahilah apa-apa yang Engkau anugerahkan kepadanya."(HR.Al-Bukhari dan Muslim)

Ia pernah mengatakan, “Aku membantu Rasulullah selama 10 tahun. Selama itu, aku belum pernah mendengar Beliau mengatakan kata "ah" kepadaku. Beliau juga tidak pernah mencela pekerjaan yang aku lakukan." (HR. At-Tirmidzi)

Tentang Anas ,Abu Hurairah pernah berkata, "Aku belum pernah melihat orang yang paling mirip shalatnya dengan shalat Rasulullah selain Ibnu Ummu Sulaim (maksudnya Anas).”

Di masa tuanya, ia pernah mengatakan, “Sudah tidak ada lagi orang yang masih hidup di antara orang-orang yang pernah shalat menghadap dua kiblat selain aku."

Ia memiliki lebih dari 100 orang anak.

Setelah mengkhatamkan bacaan Al-Qur'an, ia selalu mengumpulkan anggota keluarganya, lalu ia berdo'a untuk mereka.

Setelah Rasulullah wafat,Anas merantau ke Damaskus, kemudian ke Bashrah.

Ia meriwayatkan 2286 hadits dari Nabi . Di antaranya,Nabi bersabda, “Tidak sempurna iman seseorang di antara kalian, sampai ia mencintai untuk saudaranya apa-apa yang ia cintai untuk dirinya sendiri." (HR.Al-Bukhari)

Ia adalah sahabat yang paling akhir meninggal. Ia meninggal di Bashrah tahun 91 H dalam usia 99 tahun. Jenazahnya dimandikan oleh tabi'in besar, Muhammad bin Sirin.


Abu Sa'id Al-Khudri

Nama lengkapnya Sa'ad bin Malik bin Sinan bin 'Ubadi Al-Anshari Al-Khazraji,biasa dipanggil Abu Sa'id dan terkenal dengan nama Abu Sa'id Al-Khudrias. 

Ia lahir di Madinah tahun 10 sebelum hijrah. Pada perang Uhud, ia berniat ikut ke medan perang, tapi Nabi mencegahnya, karena saat itu ia masih anak-anak.

Ayahnya, Malik bin Sinan , gugur sebagai pahlawan syahid dalam perang Uhud.

Ia pernah 12 kali ikut perang bersama Rasulullah. Ia adalah orang yang selalu menyertai Nabi

Ia gemar memendekkan kumisnya dan menyemir jenggotnya dengan warna kuning.

Ia termasuk salah seorang ahli fiqih dan ulama sahabat.

Tercatat banyak orang yang meriwayatkan hadits darinya, di antaranya Jabir, Zaid bin Tsabit, Ibn Abbas, 'Atha', dan lainnya.

Ia meriwayatkan 1170 hadits dari Nabi .Di antaranya, Nabi bersabda, “Sesungguhnya dunia ini manis dan hijau, dan Allah menjadikan kalian khalifah di dalamnya dan Dia akan melihat apa yang kalian perbuat di dalamnya. Takutlah kalian akan dunia dan takutlah kalian akan fitnah wanita, karena fitnah pertama yang menimpa Bani Israil adalah fitnah dari kaum wanita."(HR.Muslim)

Ia meninggal di Madinah tahun 74 H.

insyouf.com
insyouf.com Religi dan Motivasi + Wawasan

Posting Komentar untuk "Kisah Anas bin Malik dan Abu Sa'id Al-Khudri"