Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

iPhone 16 Resmi Rilis, Yuk Cek Spesifikasinya

iPhone 16 Resmi Rilis

Apple resmi meluncurkan seri iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max, melalui gelaran 'Apple Event' di Cupertino, Amerika Serikat (AS).

Seperti yang digembar-gemborkan, peningkatan signifikan pada seri iPhone 16 terlihat performa yang disokong chip A18 teranyar secara seragam untuk semua model. 

Chip paling garang tersebut digunakan untuk menyokong kemampuan kecerdasan buatan (AI) yang disebut 'Apple Intelligence'. Untuk spesifikasinya, mari kita simak terlebih dahulu duo model paling standar, yakni iPhone 16 dan iPhone 16 Plus. 

Secara teknis, A18 mendukung neural engine yang lebih cepat 2 kali lipat, dengan bandwidth memori yang meningkat 17%. Chip dengan fabrikasi 3nm ini memiliki 6-inti CPU, 2-inti performa dan 2-inti efisiensi. 

Secara umum, CPU-nya memiliki kecepatan 30% ketimbang iPhone 15. Sementara GPU-nya lebih cepat 40% ketimbang iPhone 15.

Dikatakan pula iPhone 16 dan iPhone 16 Plus bisa mendukung game AAA seperti Resident Evil Biohazard dan Assasin Creed Mirage.

Kedua ponsel ini memiliki spesifikasi yang identik, hanya berbeda dari segi ukuran. iPhone 16 mengusung layar 6,1-inci sementara varian Plus 6,7-inci. Tingkat kecerahan layar mentok di 2000nits.

Fitur 'Action Button' yang sebelumnya hanya tersedia pada iPhone 15 Pro dan Pro Max kini juga sudah dibenamkan pada versi standar iPhone 16 dan iPhone 16 Plus. 

Ada juga tombol kontrol kamera baru yang sebelumnya dirumorkan hanya tersedia pada varian Pro, namun ternyata tersedia pula untuk iPhone 16 reguler dan Plus.

Fitur RCS yang memungkinkan pengiriman pesan berbasis satelit juga sudah tersedia di iPhone 16 dan iPhone 16 Plus, namun hanya di beberapa negara. Indonesia tak termasuk di dalamnya. 

Apple mengklaim baterainya juga dibuat lebih besar, meski tak secara gamblang menyebut kapasitasnya dalam presentasi. 

iPhone 16 dan iPhone 16 Plus hadir dengan warna lebih ngejreng, dengan opsi hitam, putih, pink, hijau toska, dan biru. Dengan 'shield glass'. Apple menyematkan 'shield glass' yang diklaim membuat ponsel lebih tangguh 50%.

Apple Intelligence Mirip Google Gemini

Apple Intelligence memungkinkan pengguna membuat emoji hanya dengan membuat deskripsi teks. Fitur ini disebut 'Genmoji'.

Selain itu, Apple Intelligence juga memungkinkan perangkuman email panjang, sama seperti fitur AI pada ponsel Android yang sudah ada sebelumnya. 

Apple Intelligence juga bisa membuat video story hanya dengan memasukkan prompt. Pengguna juga bisa membuat rangkuman notifikasi, hingga membuat notifikasi prioritas.

Siri juga diperbarui dengan ingatan yang intuitif untuk merekam preferensi pengguna, sehingga akses aplikasi dan informasi akan lebih relevan. 

Kendati demikian, Apple Intelligence untuk sementara akan diluncurkan lebih dulu dalam bahasa Inggris terlokalisasi untuk Australia, Canada, Selandia Baru, Afrika Selatan, dan UK. 

Tahun depan, Apple menjanjikan dukungan bahasa yang lebih banyak, yakni China, Prancis, Jepang, dan Spanyol. Belum disebutkan kapan dukungan untuk bahasa Indonesia tersedia. 

Tombol kamera juga bisa digunakan untuk 'visual intelligence. Cukup klik dan tahan kontrol kamera untuk melakukan penelusuran. Hal ini sudah dilakukan pada Google Gemini, bahkan Galaxy AI milik Samsung. 

"Apple tak akan pernah menyimpan gambar Anda," kata Apple. 


Kamera

Di sektor kamera, Apple memamerkan kemampuan tombol teranyar yang bisa membedakan tekanan ringan dan penuh. Tekanan ringan akan memberikan preview yang lebih jelas atau memungkinkan pengguna mengontrol zoom. 

Perekaman video dan penjepretan foto juga bisa dilakukan dengan lebih mudah tanpa perlu membuka aplikasi kamera di dalam ponsel.

iPhone 16 reguler dan Plus masih mempertahankan kamera utama 48MP fusion dengan 12MP ultrawide yang mendukung otofokus, serta 12MP (2x telephoto). Dukungan perekaman video bisa hingga 4k pada 60 fps.

Kamera ultrawide terbaru juga diklaim bisa menangkap cahaya 2,6x lebih mumpuni ketimbang pendahulunya. Sehingga, pemotretan malam hari dikatakan meningkat. 

Panel kamera yang dibuat berbaris ke bawah juga bisa mendukung video spasial, sehingga lebih sinkron dengan Apple Vision Pro. 

Dengan berbagai peningkatan tersebut, iPhone 16 dibanderol mulai US$ 799 (Rp 12,3 jutaan) dan iPhone 16 Plus mulai US$ 899 (13,8 jutaan)

insyouf.com
insyouf.com Religi dan Motivasi + Wawasan

Posting Komentar untuk "iPhone 16 Resmi Rilis, Yuk Cek Spesifikasinya"