Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Mikrofon HP Android yang tidak Berfungsi

memperbaki mirofon hp

Apakah mikrofon ponsel Anda tidak berfungsi dengan baik selama panggilan suara atau video? Ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Meskipun masalah terkait mikrofon cukup umum pada perangkat Android, Anda dapat mengikuti langkah-langkah pemecahan masalah berikut untuk memperbaikinya.


5 Penyebab Mikrofon HP Android yang tidak Berfungsi

Terkadang mikrofon ini bisa mengalami masalah dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya. 

Berikut adalah lima penyebab umum yang dapat mengganggu fungsi mikrofon pada perangkat Android Anda.


1. Terjadi Masalah Perangkat Lunak pada Hp Anda

Kesalahan pada sistem operasi atau aplikasi tertentu bisa menyebabkan mikrofon tidak berfungsi. 

Terkadang beberapa HP Android mengalami bug yang tidak sengaja terjadi yang mengakibatkan mikrofon tidak dapat berfungsi dengan benar.

Selain itu versi android yang sudah terlalu kuno dapat menyebabkan masalah ini


2. Terdapat Debu dan Kotoran pada Mikrofon

Debu dan kotoran yang menumpuk di lubang mikrofon dapat menghalangi suara yang masuk. 

Debu dan kotoran bisa menjadi penyebab utama terjadinya masalah ini karena dapat menghalangi udara masuk kedalam mikrofon, jika masalah ini terjadi karena mikrofon anda kotor seharusnya anda sudah tau apa yang harus dilakukan.


3. Mengalami Kerusakan Fisik pada Mikrofon

Jatuh atau benturan dapat menyebabkan kerusakan fisik pada mikrofon. Jika mikrofon Anda tidak berfungsi setelah terjatuh, kemungkinan ada kerusakan pada komponen internal.

Tidak banyak yang dapat anda lakukan jika Hp anda terjatuh dan mengakibatkan masalah ini.


4. Terdapat Masalah pada Pengaturan Hp Anda

Pengaturan privasi dan izin aplikasi dapat membatasi penggunaan mikrofon. Pastikan Anda telah memberikan izin yang diperlukan untuk aplikasi yang ingin menggunakan mikrofon. 

Selain itu, periksa pengaturan suara dan pastikan mikrofon tidak diatur dalam mode senyap atau volume terlalu rendah.


5. Terjadi Konflik Aplikasi Android Anda

Beberapa aplikasi mungkin tidak kompatibel satu sama lain dan dapat menyebabkan konflik yang mengganggu fungsi mikrofon. 

Coba identifikasi aplikasi yang baru saja Anda instal sebelum masalah muncul dan coba hentikan atau hapus untuk melihat apakah itu penyebabnya.


6 Tips Mengatasi Mikrofon HP Android yang tidak Berfungsi

Sudah dijelaskan diatas beberapa penyebab yang mungkin terjadi jika mikrofon anda tidak berfungsi, dibawah ini kami juga sudah menyiapkan beberapa langkah agar dapat membantu mikrofon anda berfungsi kembali

1. Periksa Apakah Akses Mikrofon Dimatikan

Sebagian besar ponsel Android memungkinkan Anda mematikan akses mikrofon secara manual. Ini berarti meskipun mikrofonnya sendiri berfungsi dengan baik, perangkat lunak dapat memblokir aplikasi di ponsel Anda untuk menggunakannya. Anda mungkin telah mematikan akses mikrofon secara tidak sengaja dan lupa untuk menghidupkannya kembali.

Pada ponsel Samsung, buka Pengaturan > Keamanan dan privasi > Kontrol privasi tambahan dan periksa apakah akses Mikrofon diaktifkan.

 


Perlu dicatat bahwa Anda mungkin telah membatasi beberapa aplikasi untuk menggunakan mikrofon dan tidak yang lain. Anda dapat memeriksanya di menu Pengelola izin di Pengaturan > Keamanan dan privasi.


2. Periksa Apakah Casing Anda Menghalangi Mikrofon

Jika Anda menggunakan casing pada ponsel Anda, periksalah apakah casing tersebut menghalangi lubang mikrofon. Mungkin saja mikrofon berfungsi dengan baik, tetapi tidak dapat mendeteksi suara Anda dengan baik karena casing menutupi lubangnya.

Ini mungkin tidak akan menyebabkan masalah jika Anda membeli casing langsung dari produsen ponsel. Namun terkadang, casing pihak ketiga memiliki cacat manufaktur, di mana lubang tidak benar-benar sejajar dengan port. Cacat seperti itu bisa menyebabkan casing menghalangi mikrofon ponsel Anda.


3. Restart dan Periksa Pembaruan

Terkadang, solusi terbaik adalah yang paling mudah dilakukan. Merestart ponsel Anda akan menyegarkan sistem dengan membersihkan semua proses dan menutup aplikasi. Ini bisa menjadi solusi cepat untuk masalah Anda.

Tahan tombol daya hingga menu muncul, lalu pilih Daya > Matikan. Biarkan mati selama 30 hingga 60 detik sebelum menyalakannya kembali, lalu periksa apakah masalahnya teratasi.

Jika restart cepat tidak berhasil, periksa pembaruan perangkat lunak Android dengan menuju ke Pengaturan > Sistem > Pembaruan perangkat lunak (di ponsel Pixel) 

Atau bisa juga ke Pengaturan > Pembaruan perangkat lunak (di ponsel Samsung Galaxy). Pembaruan perangkat lunak baru biasanya memperbaiki bug yang mungkin memengaruhi mikrofon Anda.


4. Bersihkan Mikrofon Ponsel Anda

Jika Anda tidak membersihkan ponsel secara teratur, kotoran dapat menumpuk di lubang kecil seperti port mikrofon, bahkan jika perangkat Anda memiliki rating IP68 untuk ketahanan debu dan air. Cukup mengelap ponsel tidak cukup, karena debu atau kotoran kecil lainnya dapat masuk ke dalam.

Mikrofon Anda biasanya adalah lubang kecil di samping port USB-C di bagian bawah ponsel Anda. Ambil pin kecil, jarum tipis, atau sejenisnya, dan gunakan untuk membersihkan mikrofon dengan lembut. Alternatif lainnya adalah meniup langsung ke mikrofon untuk menghilangkan semua kotoran yang menumpuk. Namun, jika Anda melakukan ini, berhati-hatilah agar tidak meniup udara lebih jauh ke dalam ponsel.

Anda dapat menyesuaikan panduan kami untuk membersihkan iPhone untuk ponsel Android Anda dan menerapkan sebagian besar langkah yang sama untuk menghindari masalah ini di masa mendatang.


5. Konfigurasi Pengaturan Suara Anda

Beberapa ponsel Android dilengkapi dengan fitur yang disebut penekanan kebisingan atau pengurangan kebisingan. Penekanan kebisingan membantu mengurangi kebisingan latar belakang saat Anda melakukan panggilan atau merekam video.

Sayangnya, penekanan kebisingan sering kali dapat memperburuk kualitas suara. Jadi, berikut cara menonaktifkan pengaturan untuk memastikan mikrofon Anda baik-baik saja:

Buka aplikasi Pengaturan:

Pilih Pengaturan 

Kemudian Pengaturan Panggilan ( call settings ) atau Pengaturan Suara ( sound Settings ).

Cari opsi Pengurangan Kebisingan ( Noise Reduction ) dan nonaktifkan.

Restart ponsel Anda dan periksa apakah masalahnya teratasi.


Selain opsi ini, ada juga kemungkinan bahwa Anda mungkin telah membiarkan ponsel Anda terhubung ke headset Bluetooth atau perangkat lain dengan mikrofon. Jika demikian, ponsel Anda akan menggunakan itu sebagai mikrofon utama daripada yang terpasang di dalam.

Pastikan untuk memeriksa pengaturan Bluetooth Anda untuk headphone yang terhubung. Putuskan sambungan dan coba gunakan mikrofon lagi untuk memperbaiki masalah Anda.


6. Periksa Gangguan Aplikasi Pihak Ketiga

Aplikasi pihak ketiga sering kali dapat menyebabkan ponsel Anda tidak berfungsi dengan baik, karena cenderung mengganggu pengaturan ponsel Anda. Dalam hal ini, aplikasi yang dapat mengakses mikrofon Anda mungkin menjadi penyebab masalah Anda.

Cobalah untuk mem-boot ponsel Android Anda ke mode aman, yang akan menonaktifkan semua aplikasi pihak ketiga sementara, dengan mengikuti langkah-langkah ini:

Tekan dan tahan tombol Daya ponsel Anda.

Di layar Anda, sentuh dan tahan opsi Matikan.

Setelah itu, Anda akan melihat Mode aman ( safe mode ) di bagian bawah layar Anda. Pilih ini untuk mem-boot ke mode aman.

Jika ponsel Anda mati, lakukan hal berikut:

Tahan tombol Daya ponsel Anda untuk boot seperti biasa.

Saat animasi dimulai, tekan dan tahan tombol volume bawah ponsel Anda. Terus tahan hingga animasi berakhir, dan ponsel Anda akan mulai dalam mode aman.

Anda akan melihat Mode aman ( safe mode ) muncul di bagian bawah layar Anda untuk konfirmasi.

Sekarang Anda berada dalam mode aman, lakukan panggilan uji atau gunakan aplikasi perekam Anda untuk memeriksa mikrofon. Jika mikrofon Anda berfungsi dengan baik dalam mode aman, maka masalahnya terletak pada aplikasi. Anda dapat menemukan daftar aplikasi yang menggunakan mikrofon Anda di menu Pengaturan.

Buka Pengaturan > Aplikasi & notifikasi > Lanjutan > Pengelola izin > Mikrofon. Jika Anda memiliki ponsel Samsung, buka Pengaturan > Keamanan dan privasi > Pengelola izin > Mikrofon.

Jika Anda telah menginstal penguat suara atau aplikasi penambah, kemungkinan besar itu adalah penyebabnya. Jika tidak, cobalah periksa aplikasi yang Anda curigai, cabut akses mikrofonnya, dan kemudian uji mikrofon Anda untuk melihat apakah mereka adalah penyebabnya.


7. Bawa ke Tempat Service Android

Jika tidak satu pun dari langkah pemecahan masalah di atas yang membantu, ada kemungkinan besar masalah mikrofon Anda terkait dengan perangkat keras. Mikrofon adalah bagian yang halus yang mudah rusak akibat jatuh atau kerusakan air.

Dalam kasus seperti itu, sangat disarankan untuk membawa ponsel Anda ke salah satu pusat layanan produsen, di mana teknisi ahli dapat menentukan kerusakan pada perangkat Anda.


Segera Perbaiki Mikrofon Hp Android Anda 

Seperti yang Anda lihat, ada beberapa faktor yang dapat mencegah mikrofon ponsel Android Anda berfungsi sebagaimana mestinya. Namun, kami berharap salah satu metode pemecahan masalah yang kami bahas di sini dapat membantu Anda menyelesaikan masalahnya.

Selama Anda merawat ponsel Anda dengan baik dan memantau aplikasi yang memiliki akses ke mikrofonnya, Anda tidak perlu khawatir tentang masalah ini.


insyouf.com
insyouf.com Religi dan Motivasi + Wawasan

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Mikrofon HP Android yang tidak Berfungsi"